Rabu, 12 September 2012

Asal Usul Penamaan Beberapa Perusahaan IT


Ketika kita sedang ke pusat perbelanjaan atau ketika berada di rumah menonton televisi atau membaca koran, pastilah di bagian iklan kita disuguhi iklan dari merek-merek ternama dan terkenal. Merek-merek ini sangat terkenal sehingga hanya dengan membaca, menyebut atau melihat namanya orang sudah tahu tahu tentang produk atau layanan yang ditawarkan merek-merek tersebut.

Namun di balik nama-nama tersebut tahukah anda bagaimana mereka menamakan produk atau perusahaan mereka? Anda mungkin akan terkejut bagaimana para pendiri perusahaan membuat nama perusahaan/merek produk mereka. Berikut beberapa diantaranya.
  • Google
    Siapa yang tidak kenal nama ini, setiap orang yang berseluncur di jagad maya pasti sering menggunakan jasa search engine yang satu ini. Tapi apakah anda tahu asal mula nama Google ini?
     

    Nama Google berasal dari kesalahan ketik. Karena kesalahan ketik, nama asli "Googol" didaftarkan salah oleh Mahasiswa Stanford sebagai "Google". Googol berarti nomor satu di ikuti oleh seratus nol.
     
  • Adobe
    Walaupun Adobe berarti bata atau batako, tapi asal nama Adobe bukan terinspirasi oleh bata. Nama Adobe sendiri berasal dari Adobe Creek di Los Altos, California. Letaknya berada di belakang rumah salah satu pendiri perusahaan ini.
  • Apple
    Steve Jobs memulai perusahaan ini dengan nama “Apple Computers” pada 1 April 1976 di Cupertino, California. Apel adalah buah kesukaan Steve Jobs. Perusahaan yang pada awalnya hanya memproduksi Personal Computer ini selanjutnya berganti nama menjadi Apple Inc. pada 9 Januari 2007 sebagai gambaran ekspansi perusahaan dalam memasuki pasar elektronik dengan produknya yang terkenal yaitu iPod, iPhone dan iPad.


  • Hewlett Packard (HP)
    Nama Hewlett Packard terlahir melalui undian koin. Bill Hewlett dan Dave Packard bertaruh menggunakan koin untuk memutuskan nama untuk perusahaan yang mereka dirikan apakah akan dinamai Hewlett Packard atau Packard Hewlett.
  • Intel
    Pada awalnya Robert Noyce dan Gordon Moore ingin menamakan perusahaan mereka “Moore and Noyce”. Namun nama tersebut lebih terdengar sebagai “more noise” yang identik dengan produk yang kurang bagus dalam dunia elektronik. Selama setahun berikutnya mereka menggunakan nama NM Electronics, kemudian memutuskan mengganti nama menjadi Integrated Electronics yang disingkat menjadi “INTEL”. 


    Karena Intel sudah menjadi merek dagang sebuah jaringan hotel, maka terpaksa mereka harus membeli hak cipta nama INTEL tersebut.
  • Microsoft
    Microsoft berasal dari kata Micro yang berarti Microcomputer dan Soft yang berarti software. Karena alasan pemasaran dan agar pelanggan mudah mengingat nama dagang ini, maka Bill Gates selaku penemu teknologi ini menggantinya dengan nama MICROSOFT.
  • Hotmail
    Hotmail adalah salah satu layanan email yang pertama kali muncul di internet. Didirikan oleh Sabeer Bhatia dan Jack Smith. Nama Hotmail dipilih setelah mencari kemungkinan nama yang berakhiran “-mail”. Akhirnya mereka memilih HoTMaiL dari kata HTML. HTML adalah bahasa pemrograman untuk desain web.
  • SUN
    Sun Microsystem didirikan oleh tiga orang lulusan Stanford University yaitu Vinod Khosla, Andy Bechtolsheim dan Scott Mc Nealy. Nama SUN sendiri adalah initial dari Stanford University Network.


  • Yahoo
    Nama perusahaan ini dipilih oleh Jerry Yang dan David Filo, merupakan kependekan dari 'Yet Another Hierarchical Officious Oracle'. Tak jelas apakah 'Officious Oracle' yang dimaksud adalah proyek Oracle terdahulu yang sempat dikerjakan oleh Larry Ellison dan Bob Oats. Yang pasti, dua mahasiswa Stanford itu juga menyukai arti kata 'Yahoo' di kamus, maupun di kisah fiksi besutan Jonathan Swift berjudul Gulliver's Travel, yang maknanya adalah 'kasar atau tak tahu adat'.
  • Sony
    Pendiri perusahaan ini, Akio Morita, menginginkan nama yang tak asing bagi konsumen target mereka, Amerika Serikat. Nama Sony sendiri merupakan turunan dari kata Latin 'Sonus' yang artinya adalah suara. Selain itu, nama itu juga berasal dari kata Slang 'Sonny Boy' yang pada tahun 1950-an di Jepang bermakna 'Anak muda yang cerdas dan tampan'. Begitulah Akio Morita memandang dirinya sendiri.

  • Cisco
    Nama Cisco sering dikira merupakan kependekan dari kata-kata tertentu. Padahal, Cisco diambil dari San Francisco yang diharapkan menjadi tempat selain Silicon Valley. Oleh karenanya, di masa awalnya, perusahaan ini selalu memaksa agar namanya ditulis dengan dengan huruf kecil semua.

1 komentar:

X-Steel - Wait